3 Manfaat Mengonsumsi Jamur Shimeji, Salah Satunya Bersifat Anti-parasit

Beberapa jenis jamur memang cukup lumrah dikonsumsi oleh masyarakat. Jenis jamur sgp hari ini yang cukup umum dikonsumsi adalah jamur merang, jamur kuping, jamur enoki dan beberapa jenis jamur lainnya.

Selain terkenal memiliki rasa yang nikmat dan tekstur mirip daging, beberapa jenis jamur juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Salah satu jenis jamur konsumsi yang dipercaya memiliki banyak khasiat adalah jamur Shimeji.

Jamur yang memiliki nama latin Hypsizygus tessulatus ini juga dikenal dengan nama beech mushroom ini merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang lazim dimakan oleh orang-orang Asia.

Jamur yang memiliki bentuk memanjang dan memiliki payung berwarna kecoklatan ini sering dimasak bersama sup atau jenis makanan lainnya.

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata jamur shimeji juga memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi oleh manusia. berikut 3 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jamur shimeji.

  1. Mengurangi Konsentrasi Kolestrol Dalam Darah

Jamur shimeji dikenal mampu mengurangi jumlah kolestrol jahat dalam darah. Menyadur artikel yang terbit dalam “Comparative Biochemistry and Physiology Part A,” jamur shimeji memiliki kandungan serat unik yang mampu meningkatkan ekskresi asam empedu melalui tinja dan mengontrol respon insulin dalam tubuh.

Penelitian tersebut juga menjelaskan ekstrak dari jamur shimeji juga mampu mencegah pembentukan plak atau sumbatan pada aliran darah.

Hal tersebut tentunya cukup baik untuk mengontrol jumlah kolestrol jahat yang bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Mencegah Infeksi Parasit

Jamur shimeji juga diyakini mampu menurukan risiko seseorang terinfeksi parasit. Artikel berjudul “Proteolytic and nematicidal potential of the compost colonized by Hypsizygus marmoreus” menyebut jenis jamur shimeji coklat yang lumrah dikonsumsi memiliki kandungan enzim protease.

Enzim protease sendiri memiliki sifat sebagai anti parasite alami bagi tubuh. Namun, enzim tersebut tidaklah berbahaya bagi manusia dan hanya akan menyerang beberapa jenis parasite seperti cacing hati ataupun cacing pita yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Bersifat Anti Inflamasi

Jamur shimeji juga kaya akan kandungan senyawa yang bersifat anti inflamasi. Merangkum dari artikel berjudul “Shimeji mushroom health benefits and side effects,” jamur shimeji memiliki senyawa polisakarida, senyawa fenolik dan flavonoid yang bersifat menangkal radikal bebas.

Selain itu, beberapa senyawa tersebut juga mampu menurunkan kadar stress dalam tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme dan imun.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi jamur shimeji. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *