Ikigai Adalah Nilai Budaya dari Jepang

Membahas mengenai Ikigai tanpa mengenal arti kata sebenarnya akan sulit dijelaskan. Kita mengenal berbagai filosofi dan aturan hidup yang terlihat begitu ketat dalam kehidupan masyarakat Jepang.Bagi para pecinta Anime dan Manga, mungkin cerita-cerita seperti ribuan korban orang meninggal akibat kelelahan bekerja, anak-anak muda yang depresi lalu bunuh diri itu jarang diceritakan.Tentu itu bakal jadi cerita yang sangat membosankan. Tetapi lewat Manga dan idn live Anime, kita mengenal bagaimana nilai-nilai dan budaya leluhur yang dilestarikan turun-temurun.

My Neighbor Totoro, bagi yang sudah pernah menontonnya pasti akan sedikit terlintas cuplikan adegan-adegan lucu dan menggemaskan namun sangat memiliki arti yang dalam.Di kisah lain yang serupa dengan itu, mungkin anda mengenal tokoh hantu No Face dalam film Spirited Away yang membuat anda penasaran dan kemudian menjadi jatuh hati karenanya.

Dilansir dari BBC, Ikigai sering diasosiasikan dalam diagram Venn yang diisi dengan 4 kualitas hidup yang saling beririsan, seperti Passion, Mission, Profession dan Vocation.

Vocation

Ketika kamu mengerjakan yang dimana kamu dihargai (What you can be paid for) dan kamu melakukannya dengan mempertimbangkan kebutuhan banyak orang, (What the world needs) hal tersebut disebut vocation atau keahlian.Seperti kamu yang telah dibayar dari karyamu dan karya tulismu menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang-orang yang membacanya.

Mission

Hal-hal yang kamu suka (What you love) dan ternyata menjawab apa yang dibutuhkan banyak orang (What the world needs) maka bisa dibilang bahwa kamu sedang memiliki misi atau mission.

Kamu yang suka membaca dan belajar, ilmu yang kamu serap dibutuhkan/disukai/dicari oleh orang banyak. Seperti membuka kelas dan pembelajaran gratis, atau membagikan ilmu/buku yang Keluaran HK membangun orang-orang.

Passion

himpunan ‘What you love’ (hal-hal yang kamu suka) dan beririsan dengan himpunan ‘What you are good at’ (hal-hal yang kamu bisa lakukan) maka himpunan yang terbentuk adalah passion.Jika sangat suka belajar dan membaca membuat kamu akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah karya tulis yang bersumber dari apa saja yang kamu dapatkan selama ini, maka hal tersebut merupakan passion.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *